catatan:
ini artikel dibuang sayang, terjemahan dari video dokumenter yang aku sadur sebagai catatan pribadi. terjemahan ini kutulis 11 tahun yang lalu tapi kelupaan dan ngga pernah di-publish, menyusul seri pertama yang tayang pada tanggal 12 februari 2012. bahkan ternyata tautan ke videonya di yutub pun sudah hilang :-p
jerusalem_01
jerusalem - the making of a holy city, sejarah dibangunnya kota suci
jerusalem selalu berubah dan dari waktu ke waktu. orang bisa saja melihat perubahan ini sebagai anugerah atau kutukan. jerusalem telah melalui beberapa tangan penguasa, dan lebih sering diliputi dengan kekerasan dan perumpahan darah. untuk banyak orang terutama kaum yahudi dan kristen, mereka percaya bahwa jerusalem adalah tempat di mana hari pembalasan akan tiba dan dunia akan berakhir atau kiamat.
sementara itu agama baru islam lahir di tengah-tengah gurun arab. lalu apa arti jerusalem yang telah diklaim sebagai milik kaum yahudi dan kaum kristen, bagi pemeluk ajaran ketiga yang baru lahir ini?
seri 2: - invasion, penyerangan, 3200 sm - abad 7 masehi (tautan video lama - sekarang hilang)
kaum yahudi masih dilarang masuk ke jerusalem, sementara jerusalem masih di bawah kekuasaan byzantium yang juga menguasasi seluruh wilayah timur tengah dan masih menjadi pusat ajaran kristen. bahkan banyak tradisi-tradisi yahudi yang tadinya dipusatkan di temple of mount (pusat ibadah kaum yahudi), mulai dipindahkan ke holy sepulchre (pusat ibadah kaum kristen).
tapi lama-lama kekuasaan buyantium pun mulai melemah, dan jerusalem yang beraliran kristen pun akan segera berubah oleh kehadiran seseorang yang terpilih.
610 masehi - nabi muhammad
800 mil jauhnya dari kota jerusalem di tengah-tengah gurun arab, seorang saudagar muda bernama muhammad tinggal di kota mekkah yang penghuninya masih menyembah berhala. meski demikian kaum ini juga tahu mengenai keberadaan kota jerusalem dan menghormati kepercayaan yahudi dan kristen.
ketika akhirnya muhammad menerima wahyu dari malaikat jibril, muhammad percaya ia telah terpilih untuk menyampaikan pesan-pesan sang pencipta dan mengajarkan isi alquran. bagi muhammad, jerusalem menjadi demikian penting karena muhammad sangat menghormati kepercayaan terdahulu yaitu yahudi dan kristen, iapun sangat menghormati kota jerusalem. lain halnya dengan jesus, keterkaitan muhammad dengan kota jerusalem ditandai dengan sebuah keajaiban, yaitu perjalanan pada suatu malam yang dikenal oleh kaum islam sebagai isra' mi'raj.
setelah melalui perjalanan mistis mengendarai bouraq dari mekah, muhammad berdoa bersama dengan para nabi pendahulu yaitu ibrahim, musa dan isa di sebuah tempat di jerusalem. kejadian ini masih diperingati sampai sekarang oleh kaum muslim di seantero dunia dan jerusalem masih dikunjungi oleh kaum muslim sebagai tempat suci karena perjalanan isra miraj dari mekah ke jerusalem ini. hal inilah yang membuat ajaran ketiga ini mempunyai keterkaitan sejarah yang erat pula dengan kota jerusalem.
muhammad meninggal pada tahun 632 masehi, tapi visinya terus hidup di bawah khalifah-kalifah berikutnya yang menggantikan kepemimpinannya. hanya 5 tahun setelah kematian muhammad, pasukan islam mulai menyerbu dan menduduki kota jerusalem. rupanya para pengikut islam juga percaya bahwa hari kiamat juga akan berpusat di jerusalem sehingga urgensi untuk menguasai kota ini menjadi alasan utama. selain alasan keagamaan tersebut, dari segi politik mereka juga ingin membalas dendam terhadap penguasa byzantium yang pernah mencoba menyerang muhammad di masa lalu.
untuk menghindari pertumpahan darah, pemimpin kristen setuju untuk menyerah, dengan satu syarat. khalifah umar yang memimpin penyerangan harus membebaskan kaum kristen untuk tetap beribadah di jerusalem setelah islam menguasai kota tersebut. perjanjian ini disebut pakta umar. namun umar tidak hanya menguasai jerusalem untuk kaum islam saja, tapi ia mulai memerintahkan untuk membersihkan puing-puing reruntuhan mount of temple dan mengundang kaum yahudi untuk mulai beribadah lagi di tempat sakral tersebut setelah sekian lama dilarang oleh penguasa kristen sebelumnya.
dari sekian catatan yang paling penting adalah ketika kaum islam mulai memantapkan kedudukannya di jerusalem di bawah dinasti umayyah.
setelah melalui perjalanan mistis mengendarai bouraq dari mekah, muhammad berdoa bersama dengan para nabi pendahulu yaitu ibrahim, musa dan isa di sebuah tempat di jerusalem. kejadian ini masih diperingati sampai sekarang oleh kaum muslim di seantero dunia dan jerusalem masih dikunjungi oleh kaum muslim sebagai tempat suci karena perjalanan isra miraj dari mekah ke jerusalem ini. hal inilah yang membuat ajaran ketiga ini mempunyai keterkaitan sejarah yang erat pula dengan kota jerusalem.
muhammad meninggal pada tahun 632 masehi, tapi visinya terus hidup di bawah khalifah-kalifah berikutnya yang menggantikan kepemimpinannya. hanya 5 tahun setelah kematian muhammad, pasukan islam mulai menyerbu dan menduduki kota jerusalem. rupanya para pengikut islam juga percaya bahwa hari kiamat juga akan berpusat di jerusalem sehingga urgensi untuk menguasai kota ini menjadi alasan utama. selain alasan keagamaan tersebut, dari segi politik mereka juga ingin membalas dendam terhadap penguasa byzantium yang pernah mencoba menyerang muhammad di masa lalu.
untuk menghindari pertumpahan darah, pemimpin kristen setuju untuk menyerah, dengan satu syarat. khalifah umar yang memimpin penyerangan harus membebaskan kaum kristen untuk tetap beribadah di jerusalem setelah islam menguasai kota tersebut. perjanjian ini disebut pakta umar. namun umar tidak hanya menguasai jerusalem untuk kaum islam saja, tapi ia mulai memerintahkan untuk membersihkan puing-puing reruntuhan mount of temple dan mengundang kaum yahudi untuk mulai beribadah lagi di tempat sakral tersebut setelah sekian lama dilarang oleh penguasa kristen sebelumnya.
dari sekian catatan yang paling penting adalah ketika kaum islam mulai memantapkan kedudukannya di jerusalem di bawah dinasti umayyah.
685 masehi - dinasti umayyah
dinasti umayyah adalah salah satu dinasti terbesar di dunia. pada awal tahun 685 masehi, abdul malik adalah khalifah yang memimpin dinasti ini. meski ia terkenal brutal dan kejam terhadap musuh-musuhnya, ia juga mempunyai jiwa seni tinggi. ia membangun dome of the rock yang berkubah emas tepat di lokasi di mana muhammad mengalami peristiwa keajaiban di malam isra miraj itu. dome of the rock merupakan salah satu bangunan keagamaan bersejarah yang paling penting di dunia.
seperti yang seringkali disalahpahami oleh orang awam, dome of the rock bukanlah sebuah masjid, tapi semacam tempat pemujaan (shrine) dengan bangunan berdinding persegi delapan. abdul malik tak pernah menjelaskan mengapa ia memilih membangun sebuah tempat pemujaan dan bukannya masjid. bangunan ini berlapis marmer putih dan berhiaskan interior mozaik arsitektur yang sangat menawan, lain dari yang lain dari bangunan-bangunan islam di tempat lain di dunia pada umumnya.
di lantai bawah bangunan inilah terdapat 'dinding batu keramat' atau the rock yang diyakini sebagai pusatnya dunia, di mana seluruh keajaiban dari peristiwa-peristiwa yang sudah dialami oleh nabi-nabi terdahulu (ibrahim, musa, isa) sampai perjalanan isra miraj muhammad terjadi. karena dome of the rock bukanlah sebuah masjid yang bisa dijadikan tempat beribadah, kaum islam masih tetap memerlukan sebuah masjid untuk beribadah terutama pada hari jumat.
maka dibangunlah sebuah masjid oleh abdul malik dan putranya, yang dikenal dengan masjid al-aqsa (berkubah biasa, bukan kubah emas) tak begitu jauh dari lokasi dome of the rock. dengan keberadaan dua bangunan penting di tempel of mount ini pulalah, kini jerusalem lebih menjadi pusat ajaran islam dibandingkan agama-agama pendahulunya. karena inilah meski dinasti umayyah berasal dari syiria, mereka berupaya menjadikan jerusalem sebagai pusat pemerintahan dengan membangun istana dari reruntuhan puing-puing temple of mount peninggalan kaum yahudi. istana ini didesain sedemikian rupa sehingga akses ke mesjid al-aqsa menjadi lebih mudah dijangkau.
sementara itu kaum yahudi masih diperbolehkan untuk beribadah selama pemerintahan dinasti umayyah hingga tahun 720-an, kaum yahudi kembali dilarang untuk kembali ke temple of mouth sampai kurang lebih 1000 tahun ke depan meski masih diperbolehkan hidup di kota jerusalem. dinasti umayyah yang memerintah kota jerusalem adalah aliran kaum islam sunni dari syiria. saat itu aliran islam mulai terpecah menjadi 2.
tahun 969 kaum islam beraliran syi'ah dari mesir menyerang dan menguasai kota jerusalem. mereka sejarahnya berasal dari keturunan putri nabi muhammad fatimah. kaum ini lebih tolearan terhadap kaum kristen di jerusalem. pada tahun 1000, seorang anak dari keturunan dinasti syiah pun lahir.
1000 masehi - al hakim
al-hakim adalah penguasa jerusalem berikutnya. meski terkenal tampan dan rupawan, ia rupanya juga mempunyai kebiasaan aneh di mana ia memerintahkan untuk membunuh anjing dan kucing serta melarang permainan catur. dan karena merasa sebagai yang terpilih, keturunan fatimah, serta berkuasa, pelan-pelan, al-hakim berubah menjadi kurang waras. ia bahkan lalu mewajibkan kaum yahudi untuk tunduk dan melarang mereka dekat dengan kaum muslim, membunyikan bel sebelum mereka mendekat, dan memaksa mereka merubah kepercayaannya ke islam. banyak kaum yahudi akhirnya yang melarikan diri meninggalkan jerusalem.
sementara terhadap kaum kristen, al-hakim menganggap ritual keagamaan kaum kristen sebagai hal yang harus dimusnahkan. iapun lalu memerintahkan untuk menghancurkan holy sepulchre, pusat peribadatan kaum kristen di jerusalem.
23:20 / 58:59
...bersambung entah kapan karena videonya hilang :-D...
No comments:
Post a Comment