Thursday 15 August 2024

phk dua kali

...eaaaa, judulnya ngenes amat yak. udah diphk, dua kali pulak :-p

tapi memang itulah yang telah terjadi padaku hu hu hu #ahhh #lebayyyy

jadi gini ceritanya gais. 

eh, bentar, bentar. main tancep gas aja. udah lama ya aku ngga tayang tulisan baru, ini tulisan pertama di tahun 2024 deh. ngga perlu panjang-panjang dulu lah ya nulisnya, hehe. tahun lalu juga aku ngga banyak nulis. yah, mudah-mudahan tulisan yang ini menjadi tonggak awal kerajinanku untuk mulai nulis-nulis lagi seperti dulu. meskipun cerita pertama-tama adalah tentang phk, hak hak hak...

mungkin karena jalan kehidupanku memang lagi naik turun mandaki gunung turuni lembah, jadi memang lagi malas aja kali yah, ngeblog. ngga kayak dulu, rajin banget cerita hehe.

sejak tinggal di inggris sini, dan lulus kuliah dari manchester program master tahun 2007 yang lalu, aku memang non-stop kerja. males bengong aja sih kalau ngga kerja mau ngapain lagi, coba πŸ˜… 

nah, phk pertamaku justru kualami hanya setelah kerja cuma selama satu setengah tahun di inggris sini. kayaknya aku udah sering cerita deh. bentar kucarikan tautannya kalau ketemu.

setelah phk pertama tahun 2009 yang lalu, aku langsung dapet kerja berikutnya tanpa sempat nganggur dulu, alhamdulillah ya. sejak itu aku non-stop kerja lagi sampe phk berikutnya yang terjadi cuma tahun lalu, 2023. ini yang mau aku ceritain sedikit di sini.

praktis sejak memutuskan untuk berkarir di inggris, aku sudah gonta ganti pekerjaan beberapa kali. karena latar belakang ketrampilanku adalah di bidang industri manufaktur yang mana selama 5.5 tahun aku kumpulkan pengalaman kerjaku selama di bekasi dulu, aku selalu memperoleh pekerjaan di bidang yang serupa. begitu halnya kerjaan pertamaku di inggris yang berakhir diphk itu, aku dulu bekerja di perusahaan otomotif. 

sejak itu aku pindah ke cambridge sampe sekarang. 

dari otomotif, aku lompat ke industri alat-alat kedokteran karena memang cambridge ini pusatnya sektor tersebut. banyak perusahaan serupa yang bergerak di bidang desain dan pengembangan alat kedokteran dan kesehatan. di perusahaan keduaku kerja di inggris yang berlokasi di cambridge ini, aku bertahan paling lama sampe hampir 9 tahun kerja. sebelum akhirnya aku diajak pindah untuk bergabung dengan mantan bosku yang sudah pindah kerja duluan di perusahaan ketiga.

perusahaan ketiga ini sangat menarik. masih di sektor alat kedokteran, tapi kali ini alatnya sangat unik dan canggih, yaitu robot untuk dipake oleh dokter bedah. robotnya sangat canggih, sangat rumit desainnya, dan di situ selama kerja hampir 6 tahun lamanya, aku belajar banyak hal. perjalanan karirku pun menanjak pelan tapi pasti, dibarengi dengan tambahan pendapatan yang angkanya terus merayap naik. alhamdulillah ya 😍

robot

tapi untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak.

tahun 2023 yang lalu, perusahaan ini mengalami kesulitan dan harus melakukan pengurangan karyawan dengan mendadak. yang dikurangi pun jumlahnya ngga tanggung-tanggung, sampe hampir 30% dari total jumlah pegawai. sayangnya, aku juga kena. meski masih ada enaknya kerja di inggris sini, karena walaupun kena phk pun perusahaan tetap punya kewajiban memenuhi hak karyawan yang kena phk dengan memberikan pesangon sesuai peraturan yang berlaku.

beruntung karena masa kerjaku sudah hampir mencapai 6 tahun, pesangonku juga terhitung lumayan. sebagian duit pesangon kupakai mudik dan berbagi rejeki, sebagian lainnya kuinvestasikan. 

sejak phk yang kedua kali itu, alhamdulilah-nya lagi, aku juga ngga sempat nganggur, alias langsung dapet kerja berikutnya, kembali ke industri manufaktur. sayangnya, di kerjaan yang ini, aku ngga bisa bertahan lama karena jarak dari rumah yang agak jauh sehingga butuh minimal 1-1.5 jam nyetir sekali jalan, sehingga kuputuskan untuk mencari kerjaan lain yang lokasinya lebih dekat. padahal aku udah hybrid lho, ngantor cuma 3 hari per minggu, yang 2 hari kerja dari rumah. tetep saja perjalanan nyetir jauh selama 3 hari ini bikin encok juga lama-lama. 

walhasil, kerjaan keempat-ku di inggris inipun harus kuakhiri setelah cuma bekerja selama persis satu tahun saja, dan setelah aku ketrima di kerjaan kelimaku yang baru.

sekarang ini aku aktif bekerja di sebuah perusahaan kecil di cambridge yang bergerak di aplikasi software bidang alat kesehatan paru-paru. baru kurang lebih satu setengah bulan berjalan, dan sepertinya aku merasa betah, karena selain masih hybrid, jarak dari rumah ke kantor cuma 25 menit nyetir mobil, bekerja di bidang ini juga membuatku merasa lebih tertantang dibandingkan kalau bekerja di industri manufaktur.

doakan ya semoga aku makin betah dan tantangan-tantangan kerjaan bisa kutangani dan kuselesaikan dengan baik.

eh iya, pas hari kemerdekaan sudah dekat.

semangat 45 deh ya, merdeka!!!


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...