Thursday 19 September 2024

martabak (ke)manis(an)

martabak manis atau kue terang bulan nyebutnya di daerah lain, yang kutahu jaman dulu itu isiannya engga segila sekarang. dalam artian manisnya masih taraf wajar lah.

tapi sejak era sosmed sekarang ini, kok penjual makin gila-gilaan nambahin topping yak, istilahnya topping berlimpah! kayak makin banyak makin laris gitu apa ya. jadi ngeri lihat porsi gulanya udah ngga wajar lagi ๐Ÿ˜’

kata temen sih, karena itu sengaja buat konten di sosmed doank.

kebetulan kemarin-kemarin aku lihat postingan yang mbahas hasil studi universitas mana gitu lupa, kalau umur penderita diabetes makin ke sini itu makin muda, bahkan sudah nyerang usia anak-anak. keknya sih ini topik basi ya. 

padahal jaman dulu kerja pankreas yang bisa mulai rusak cuma terjadi di usia manula karena penuaan, gaya hidup dan berbagai hal lainnya. tapi kenapa ya, makin ke sini usia produktif juga kena pankreasnya. ehhh, sekarang malah turun lagi ke usia anak-anak.


kita bahas yuk ๐Ÿ˜‰

gula itu nagih! ya jelas sih, enak soalnya. dan begitu lidah kita kena yang manis-manis, otak kita langsung mengeluarkan opioids, dopamine, dan serotonin, yang memberikan sensasi nyaman dan perasaan bahagia. liat aja anak-anak kecil langsung girang begitu dikasih es krim yang manisnya banget-banget. nah, gula juga memberikan energi ke sel-sel otak yang membangkitkan motivasi. karena itulah jadinya nagih, muter terus soalnya antara pengin makan manis dan pengin merasa bahagia. engga mau stop kan, manusia itu penginnya ngerasa seneng terus.

balik lagi ke soal martabak.

pas aku mudik tahun lalu, di lokasi yang sama jaman dulu bapakku suka beli martabak manis di situ , aku jadi pengin nostalgia beli juga. meski yang jualan udah beda gerobaknya, yang asli dulu mungkin udah meninggal dunia, wong bapak juga udah almarhum ๐Ÿคญ. nah kubelilah 1 loyang doank buat obat kangen, ngarepin rasanya sama.

eh doi juga udah kena sosmed mungkin, karena menurutku topingnya kebanyakan. satu gigitan aja udah eneg meski memang dimakannya rame-rame satu loyang tadi. akhirnya martabaknya engga habis dan sampe ditawarin juga ke anak-anak kos yang kos di rumah ibuku di jawa sana. biar sebaran gulanya merata ya kan, biar ngga mubazir martabaknya, dan yang makan engga jadi diabetes seketika.

sejak mudik itu, aku belum pengin martabak lagi, trauma ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

mungkin ada juga penjual martabak yang ngasih manisnya masih wajar tapi susah nyarinya. kalau kata kakakku yang bermukim di depok, bisa kok katanya pas si abangnya bikin kudu ditungguin dan dicerewetin. pas ngasih gula, bilang dikit aja, udah stop segitu. pas kasih mentega juga dicerewetin bilang dikit aja, udah stop segitu. abangnya biasanya manyun tapi kalau dikomando katanya๐Ÿคฃ karena terbiasa sok byuk kerjanya cepet kan. kalau semua pembeli cerewet kayak kakakku kan dia jadi lambat ngurusin maunya pembeli satu per satu. ya yang sabar mungkin juga ada.

kalau kalian gimana? masihkah doyan makan martabak manis jaman now?

kalau aku sih prei saja, serem lihat gulanya๐Ÿคญ

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...