Monday 9 September 2024

ngerandom di WA

ini nih kayaknya si biang kerok kenapa aku jadi jarang ngeblog lagi, gais. 

sejak ada WA atau aplikasi whatsapp yang mana membuat kita jadi sibuk nge-chat singkat dengan berbagai kalangan dan komunitas di sekeliling hidup kita, ternyata waktu kita mau ngga mau jadi kesedot ke sana.  dengan kapasitas hidup tiap manusia yang sama-sama cuma punya 24 jam sehari, ya memang mau ngga mau ada hal lain yang harus ditinggalkan sebagai konsekuensinya.

seperti halnya waktu yang kita habiskan untuk ngecek dan nge-scroll sosmed lah. dulu pas sosmed cuma ada friendster lalu fesbuk, cenderungnya aku habiskan waktu di sana. eh lalu muncullah berbagai macam alternatif. waktu itu aku mulai beralih ke twitter, jaman sebelum berubah jadi x. hobi banget aku ngikuti perdebatan ngalor ngidul yang kadang engga ada ujungnya hehe. eh lalu muncullah instagram. mulailah aku buka akun di situ dan lebih menikmati konsep berbagi foto dan video. jadilah aku lebih aktif menggunakan instagram, dan pelan-pelan mulai jarang ngerawat akun-akun lainnya. 


ya intinya itu tadi gais.

waktu kita terbatas. apalagi sebagai wanita karir, emak, dan istri. dari 24 jam sehari yang kita punya, praktis 6-8 jam kudu kita sisihkan untuk tidur yang berkualitas. selebihnya dari senin sampai jumat selama sekitar 8 jam waktuku ya buat ngantor. karena aku sudah bertekad bulat dan berkomitmen untuk selalu bekerja dan berkarya selama aku masih kuat, sehat, dan mampu di usia produktifku ini. nah, tinggal sisa 8 jam kan. itu kudu masak, ngurus anak dan suami, ngurus rumah, ngurus mobil, nyetir ke sana ke mari, itu mungkin bisa sampe 5-6 jam sendiri kan. belum lagi buat ngurus badan sendiri, mandi, cuci muka, gosok gigi, nata rambut, make-up-an. lhah kapan donk nge-sosmed-nya.

masih sempat sih pegang hp dan scrolling scrolling sosmed. terutama pas anakku udah masuk kamar, jam tidurnya dia jam 8 malam. dan paksu sibuk nonton acara olahraga. biasanya aku ngecek sosmed dan wa-ku. karena waktu yang sangat terbatas ini pulalah, mau ngga mau blog-ku ini jadi agak terbengkalai gitu deh. 

sampe akhirnya aku tepok jidat pagi ini, dan memutuskan untuk ngetik lagi di sini. jadi gini ceritanya.

salah satu wa grup yang aku gabung itu sangat menarik, isinya adalah temen-temen di indonesia yang kukenal secara on-line tadinya, dan cuma pernah kopdar sekali doank pas aku mudik tahun lalu. nanti aku cerita juga lah ya kalau pengaturan waktuku untuk kembali nulis di sini sudah mulai stabil lagi.

nah, di grup inilah kadang kalau aku lagi kumat, bisa ngebahas satu topik aja jadi panjang lebar, dengan tulisan yang lumayan panjang, meski ngetiknya kadang susah karena keyboard di layar hp jauh lebih kecil dibanding keyboard beneran hehe.

pagi ini kok tiba-tiba aku punya ide untuk ngopi isi tulisanku di wa ke sini. meski kadang nulisnya dengan konteks pembahasan ala chatting, di mana kadang memang lompat-lompat arah tulisannya sesuai respon dari teman-temanku. tapi lalu kupikir sayang juga ya kalau isi kepalaku cuma mendarat di folder wa dan aku engga punya salinannya. 

jadilah aku mulai salin isi-isi tulisanku yang cukup panjang di wa itu, ke blog ini. rencanaku, mau kusadur tulisan-tulisan dan gagasan-gagasanku itu menjadi tulisan utuh di blog ini.buat dokumentasi juga sih. 

seiring waktu kan memang cara berpikir, pandangan dan opini kita terhadap sesuatu itu bisa berubah-ubah. kalau didokumentasikan kayaknya seru buat dibaca-baca lagi di masa depan supaya bisa ngikik-ngikik sendiri, hehe.

ditunggu ya, tulisan-tulisan saduranku dari wa ini.

stay tuned.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...