Wednesday 2 October 2024

borong buku

liburan musim panas tahun 2024 ini, kami kembali ke cornwall, kota tepi laut di selatan inggris. tahun lalu 2023 kami mudik ke indonesia. tahun sebelumnya 2022, kami juga ke cornwall.

kami suka ke cornwall karena suamiku suka laut. anakku juga suka laut. aku engga begitu suka karena pasti berpasir dan panas tapi karena mereka sukanya itu ya aku ngikut aja hehe.

nah, ceritanya, di cottage pas kami nginep di cornwall pas summer holiday 2 tahun lalu, di kamar yang dipake anakku tidur ada rak bukunya. isinya penuh buku berbagai macam dari novel sampe akademis, dari yang serius sampe yang santai. eh, di antara buku-buku bacaan yang banyak itu, aku nemu ternyata ada buku cerita anak-anak pengarangnya michael morpurgo sepaket isi 8 buku. 

pertama kali aku kenal pengarang ini dari sebuah buku yang dibawa pulang anakku dari perpustakaan sekolahnya pas masih kelas 4 sd. di situ aku ikutan baca dan suka. eh pas dia kelas 6 dia bawa pulang buku lain lagi dari pengarang yang sama. kubaca lagi. kok bagus-bagus ya ceritanya. nah, pas nemu di penginapan di cornwall ini, tentu saja aku girang donk.

pas nginep di tahun 2022 itu aku sempet baca 5 buku dari 8 buah buku yang ada di rak. nah tahun ini selama liburan seminggu, kami nginep lagi di tempat yang sama. kubacalah sisanya yang masih 3 buku itu. udah tuh semua 8 buku akhirnya habis kubaca. 

kamipun pulang dari liburan dan kembali ke rutinitas sehari-hari.

anakku masuk smp tahun ini, cepet gede yah. aku dan suamiku masuk kerja lagi. musim gugur juga udah mulai terasa. cuaca mulai sering mendung dan hujan. kadang berangin dan hawa dingin mulai menusuk tulang. 

pas wiken beberapa waktu lalu, iseng-iseng kami ke salah satu toko buku terbesar di inggris sini, nama tokonya waterstones, mirip kayak gramedia gitu deh kalau di indonesia. eh, ada banyak buku karangan morpurgo dijual donk. tapi karena itu buku baru gress, harganya memang lumayan mahal sih. satu buku bisa dibandrol antara 7 sampai 10 pounsterling, atau sekitaran 140 ribu sampai 200 ribu rupiah.

padahal aku udah gemes pengin baca judul-judul lainnya selain 2 dari sd-nya anakku, dan 8 judul yang sudah kubaca pas liburan itu. tapi kupikir-pikir lagi, kalau beli baru semua bisa bangkrut deh. alternatifnya, akhirnya aku gerilya ke ebay nyari-nyari buku seken. banyak kan di sana orang ngejual buku bekas yang masih bagus cuma sekali dibaca atau malah engga pernah dibaca sama sekali tapi menuh-menuhin rak buku dan akhirnya dijual murah.

eh ngga lama kemudian, akupun nemu ada yang jualan buku seken murah dari pengarang yang sama. engga main-main, dia dijual semua borongan gitu, dengan harga yang kalau dirata-rata jatuhnya murah banget bisa cuma 20-30 ribu rupiah per buku. semuanya ditotal ada 41 buku. tadinya bimbang mau kubeli atau engga ya. karena kan sudah ada 10 buku yang aku sudah pernah baca. mosok mau dibeli juga?

tapi kalau mau beli eceran ya engga bisa karena memang dijualnya borongan. 

karena harganya murah meriah, ya sudah lah kubeli semua judul yang ada 41 buah tadi, kuborong haha 🀣 engga papa ya buat koleksi 🀭. nah dari 41 judul yang kubeli, udah baca 10 buku kan berarti ada 31 lagi yang kudu dikelarin nih. dari 31 itu aku paling penasaran sama yang judulnya "war horse"! dan itulah buku pertama yang kubaca begitu paketnya dikirim ke rumah.


koleksi 41 buku

engga pakai lama, si "war horse" ini udah kelar aja abis kubaca cuma dalam tempo beberapa jam saja 🀣 emang engga tebal sih cuma 182 halaman. buku harry potter seri terakhir yang tebalnya sampe 600-an halaman lebih aja bisa kelar 2 hari. apalagi ini mah tipis πŸ˜‚

bakalan seru deh musim gugur tahun ini. sementara hawa di luar semakin engga bersahabat, enak nih ngendon di rumah. duduk di deket perapian sambil ditemani segelas teh tawar panas, dan banyak buku bacaan yang kudu dibaca, 30 judul lagi!

bagi kalian yang penasaran juga dan suka cerita-cerita petualangan anak-anak, coba deh cari buku-bukunya si michael ini. recommended lah.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...